Labels

Minggu, 31 Oktober 2010

yaaaaap kali ini mau menshare tentan apa yg saya pelajarin,, yaaa dikit doank siiiih,, tentang :

Tujuan pendidikan pancasila

Dalam UUD no 2 tahun 1989 tentang sistem pendidikan nasional, disjelaskan bahwa tujuan pancasila mengarahkan perhatian pada moral yang diharapkan terwujud dalam kehidupan sehari hari, yaitu perilaku yangt memancarkan iman dan taqwa terhadap tuhan yang maha esa dalam masyarakat yang terdiri atas berbagai golongan agama.

Pembahasan pancasila secara ilmiah

Pembahasan pancasila termasuk filsafat pancasila sebagai suatu kajian ilmiah harus memenuhi syarat ilmiah sebagai di kemukakan oleh I.R powdjowijatno dalm bukunya “ tahu dan pengetahuan” yang merinci syarat syarat ilmiah sebagai berikut:

1. Berobjek

2. Bermetode

3. Bersistem

4. Bersifat universal

1. Berobjek


syarat pertama bagi suatu pengetahuan yang memenuhi syarat ilmiah adalah bahwa semua ilmu pengetahuan itu haarus memiliki objek. Objek di bedakan menjadi dua macam yaitu : objek forma dan objek materia. Objek forma pancasila adalah suatu sudut pandang tertentu dalam pebahasan pancasila, atau dari sudut pandang apa pancasila itu dibahas. Objek materia pancasila adalah suatu objek yang merupakan sasaran pembahasan dan pengkajian pancasila baik yang bersifat empiris maupun non empiris.

2. Bermetode

Setiap pengetahuan ilmiah harus memiliki metode yaitu seperangkat cara atau sistem pendekatan dalam rangka pendekatan pancasila untuk mendapatkan suatu kebenaran yang sangat objektif.

3. Bersistem

Pembahasan pancasila secara ilmiah dengan sendirinya sebagai suatu sistem dalam diri nya sendiri yaitu pada pancasila itu sendiri sebagai objek pembahasan ilmiah senantiasa bersifat koheren, tanpa adanya suatu pertentangan didalamnuya, sehingga sila sila pancasila itu sendiri adalah merupakan satu kesatuan yang sistematik.

4. Universal

Dalam kaitannya dengan kajian pancasila hakikat ontologis nilai nilai pancasila adalah bersifat universal, atau dengan lain perkataan intisari, essensi atau makna yang terdalam dari sila sila pancasila pada hakikatnya bersifat universal

yap,, segitu aja dulu yaaa,,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar